Tips Cermat Belanja Online!

Perkembangan teknologi semakin memudahkan aktivitas orang-orang, dari belajar, bekerja, sampai berbelanja. Belajar misalnya, kita udah tidak perlu susah-susah membaca semua buku yang tebal dan berat untuk mencari pengetahuan, udah banyak e-book dan e-journal di dunia maya. Untuk bekerja, kita  tidak perlu lagi rapat secara tatap muka di kantor, sudah tersedia media komunikasi daring seperti Whatsapp dan Line yang memiliki fitur grup dan kita dapat rapat secara online. Nah, berbelanja juga semakin mudah karena kita tidak perlu ke mall atau toko untuk membelinya, apalagi harganya murah dan kualitasnya sangat bagus.

Tetapi, masih banyak orang yang takut berbelanja online karena beberapa alasan, pertama harganya murah banget dibandingkan toko fisik, kedua kita tidak tau kualitas yang sebenarnya dari barang tersebut, dan ketiga kita tidak tau aplikasi berbelanja yang recommended. Nah, di sini saya mau berbagi tips berbelanja online yang baik dan benar. Maksudnya tips ini bertujuan agar para pembaca tidak mudah terkecoh sekaligus membuka pikiran agar mulai berbelanja online karena semudah dan semenyenangkan itu. Oh iya, saya membagikan tips ini berdasarkan pengalaman karena saya sebagai mahasiswa #PejuangIrit selalu mendambakan barang kualitas terbaik dengan harga sesuai dompet hehe. Check this one out.

Tips Nomor Satu

Pertama, kalian harus tau mau beli apa dulu dan harganya di pasaran. Ini pasti dong, masa kalian belum tau mau beli apa? Hehe. Nah, habis itu kalian harus cek dan ricek harganya di pasaran. Saya misalnya pernah beberapa kali beli handphone secara online dan kualitasnya benar-benar terjamin, sudah dua tahun tidak pernah rusak. Saya pernah membeli Xiaomi Redmi Note 3 di tahun 2015 dan harga pasarannya sekitar Rp2,5 jutaan lalu saya mendapatkan handphone tersebut dengan harga Rp2,3 juta dan sampai sekarang tidak pernah rusak. Tetapi, di artikel ini saya akan mengambil contoh barang Xiaomi Redmi 4x yang harga pasarannya Rp2 juta.

Tips Nomor Dua


Selanjutnya, kalian pilih beberapa aplikasi berbelanja online dan mulai membandingkan harga. Di sini saya membandingkan harga di aplikasi Shopee dan Lazada. Di sini, Shopee unggul di harga dengan spesifikasi yang sama, yaitu Rp1.675.000, perbedaannya lumayan siginifikan nih lebih dari Rp300.000 padahal spesifikasinya sama, yaitu dual sim, 4G LTE, kamera 13MP, RAM 3GB, memori internal 32GB dan lainnya. Xiaomi Redmi 4x ini termasuk kategori elektronik yang bisa diakses disini: https://shopee.co.id/search/?collection=23065&smtt=200.3306 . Berikut link tokonya: https://shopee.co.id/sonic101/209622979. Bahkan di sini Shopee juga memberikan #GaransiHargaTermurah dimana kita bisa mendapat voucher belanja jika menemukan aplikasi berbelanja lain yang memberikan harga lebih murah.

Tips Nomor Tiga



Inilah yang paling krusial, kalian harus membaca bagaimana respon atau penilaian pembeli lainnya. Kenapa hal ini penting? Karena kalian dapat menilai seberapa baik kualitas produk dan respon penjual. Nah dari gambar di bawah kita bisa liat, produk ini memiliki rating 4,6 dari 5. Hal ini menunjukkan bahwa produk ini sangat baik. Jika kalian mengketuk “Lihat Semua” kalian dapat melihat komentar dari para pembeli yang memberi rating 5 hingga rating 1. Jadi, kalian bisa menimbang secara cermat bagaimana kualitas produknya.

Tips Tambahan, Nomor Empat

Jika kalian masih belum percaya mengenai barang tersebut, sangat diperbolehkan bertanya kepada si penjual mengenai barangnya. Tentang kualitasnya, tentang harganya, tentang stoknya, apapun itu. Kalau saya pribadi, hanya bertanya mengenai stoknya atau untuk produk fashion, bertanya mengenai ukuran dan bahan.

Nah, bagaimana? Mudahkan berbelanja online yang murah dengan kualitas terbaik? Jika kalian menggunakan tips-tips ini 95% kalian akan mendapat barang sesuai yang diharapkan. Nah. Sebagai #PejuangIrit cermatlah dalam berbelanja, semoga tips ini berguna!

Semoga tidak sampai kecanduan berbelanja online, ya! J 

Komentar

  1. "Agen poker terbesar dan terpercaya ARENADOMINO.
    minimal depo dan wd cuma 20 ribu
    dengan 1 userid sudah bisa bermain 9 games
    ayo mampir kemari ke Website Kami ya www.arenadomino.com

    Wa :+855964967353
    Line : arena_01
    WeChat : arenadomino
    Yahoo! : arenadomino"

    BalasHapus

Posting Komentar

Yuk, berikan kritik dan komentar!

Postingan populer dari blog ini

Pelangi

Guru-guru di hari buruk Senin T.T

Kesadaran Menjaga Alam itu Tumbuh saat Kuliah

Beruntung